Selasa, 06 November 2012

Pakan alami untuk udang galah


Pakan alami yang terbaik untuk udang galah adalah Naupli Artemia. Namun kendalanya adalah artemia ini merupakan barang impor yang relative mahal harganya. Bahan yang digunakan berupa telur (Cyst) yang dikemas dalam kaleng. Pengkulturan yang dilakukan adalah dengan cara Decapsulasi cysts yang dimaksudkan untuk  menipiskan lapisan luar cangkang tanpa mempengaruhi embrio hidupnya.
Adapun caranya adalah sebagai berikut :
1.      cysts direndam dalam air tawar selama 1-2 jam
2.      cysts disaring dan dibilas dengan air tawar, kemudian masukkan dalam ember dan tuangkan larutan klorin sedikit demi sedikit sambil diaduk. Jaga suhu dibawah 40ÂșC
3.      Saring dan bilas dengan air tawar sampai bersih
4.      ulangi sampai terjadi perubahan warna cysts dari coklat menjadi orange tergantunng dari produk cystsnya. Proses dekapsulasi tersebut memakan waktu antara 5-15 menit.
5.      Setelah terjadi perubahan warna, segera disaring dan bilas dengan air tawar sampai bersih dan tidak ada bau klorin.
6.      peras cysts tersebut sampai kering dan masukkan ke kantong plastic untuk disimpan pada suhu dingin selama maksimal 1 minggu.

Cara Pemberian Pakan Artemi
 Larva udang diberi pakan naupli artemia setelah pergantian air (sifon) pada pagi hari. Pada saat pergantian air dan tinggal 25% bagian naupli artemia diberikan kepada larva. Kondisi seperti itu dibiarkan selama ±½ jam untuk memberi kesempatan kepada larva menangkap naupli. Setelah selesai, aerasi dihidupkan kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar