Selasa, 06 November 2012

Myxobolus


Myxobolus

Klasifikasi
Dunia              : Protozoa
Filum               : Myxozoa
Kelas               : Myxosporea
Ordo                : Bivalvulida
Sub ordo         : Platysporina
Family             : Myxobolidae
Genus              : Myxobolus

Morfologi
Spora parasit berbentuk bulat dengan bagian anterior meruncing, berukuran
10-20 mm dan mempunyai dua buah kapsul polar dibagian anterior spora. Parasit ini membentuk pansporoblast yang menghasilkan dua buah spora.



Habitat
Parasit tersebut terdapat pada insang. juga terdapat pada kulit. Parasit ini berbentuk kista (mengandung spora-spora ) dan akan pecah apabila matang. Spora-spora akan dilepaskan ke dalam air.


Daur Hidup
Spora berasal dari ikan mati yang terinfeksi, tetapi untuk menjadi spora yang infektif parasit harus berada di dalam lumpur kolam terlebih dahulu selama 4/5 bulan. Penyebaran infeksi melalui oligochaeta sebagai inang perantara. Pada ikan Brown trout serangan parasit tidak bersifat pathogen tetapi pada ikan salmonida lainnya sangat pathogen.
Pada inang yang rentang trophozoit ditemukan pada tulang rawan kepala 20 hari setelah terinfeksi. Trophozoit akan tumbuh dan menghasilkan pansporoblast. Spora dapat keluar dari tubuh inang bersamaan dengan penguraian organ pada inang yang mati.

Tanda-tanda Serangan
Tanda-tanda klinis pada ikan yang terserang oleh parasit ini adalah mempunyai ekor yang khas dan mudah dikenali, yaitu ekor ikan menjadi berwarna gelap sehingga disebut “black tail”, tejadi deformasi tulang sehingga ikan bengkok-bengkok bentuk tubuh, kepala atau rahangnya, dan ikan memperlihatkan abnormalitas tingkah laku yaitu berenang berputar-putar seperti sedanng mengejar ekornya sendiri. Gejala abnormalitas tersebut dinamakan whirling
.
Pencegahan
Infeksi parasit ini dapat dicegah dengan meniadakan ikan yang rentan dan melarang import ikan dari daerah dimana penyakit tersebut berada atau ikan yang telah terinfeksi, serta tidak menggunakan air yang telah terkontaminasi.

Pengobatan
Myxobolus sp sebagai endo parasit seperti halnya endo parasit lainnya, belum ada cara-cara pengobatan secara kimiawi yang dapat dianjurkan, namun untuk mengurangi kerugian yang diderita sangatlah dianjurkan langkah-langkah sebagai berikut :
  1. Semua fish-fry yang sudah mempunyai gejala sakit diambil.
  2. Padat penebaran segera dikurangi dengan jalan memindahkan ke kolam lain.
  3. Memberi pakan yang cukup dan tepat.
  4. Bekas kolam yang pernah ada serangan myxobolus dikeringkan dan diberi kapur.

Daftar Pustaka
Universitas Samratulangi 2007. Lernea SP http : // www.google.co.id. [ 20 Nopember 2007 ].
Handajani, Hany dan Sri Samsundari. 2005. Parasit dan Penyakit Ikan. UMM Press. Malang
Wikipedia, the free encyclopedia.htm. 2005.. Myxosporidiosis http : //           www.google.co.id. [ 20 Nopember 2007 ].

Tidak ada komentar:

Posting Komentar